Kiat Sukses Membangun Bisnis Kreatif

Untuk anda yang mungkin bekerja dalam sebuah company sebagai desainer, fotografer atau mungkin seorang penulis dengan keseharian memangkas habis waktu anda untuk bergelut dengan hal-hal kreatif dan berjuang mengisi pundi-pundi angka dalam rekekning tabungan anda. Mungkin saat nya anda membangun bisnis anda sendiri dan berfikir untuk pensiun lebih cepat. Berikut kiat-kiat yang dapat membantu membangun keahlian bisnis anda dalam dunia kreatif.
 

Libas Habis Semua Buku Pengetahuan

Jangan hanya mengasah keterampilan kreatif anda, beri asupan otak anda dengan pengetahuan yang terus berkembang hingga saat ini, itu bisa memberikan anda sebuah ide kreatif yang lebih fresh. Membaca saat sedang tidak terikat dengan rutinitas itu bagus

Kiat Sukses Membangun Bisnis Kreatif
perbanyak pengetahuan

Pahami pasar anda

Hampir banyak dari anda bekerja untuk permintaan pasar yang notabene untuk membantu mendongkrak penjualan produk atau layananya, namun anda tidak memahami detail hasil pekerjaan anda di gunakan seperti apa oleh pasar. Mungkin anda bisa sedikit mengajukan pertanyaan  dan memberikan sebuah solusi perencanaan yang baik, dengan begitu anda bisa mengasah insting bisnis anda.

Kiat Sukses Membangun Bisnis Kreatif
pasar anda seperti apa ?

Network & kolaborasi

Membangun sebuah jaringan komunikasi dengan orang baru secara luas dan membuat sebuah kolaborasi adalah langkah berlian dalam memulai sebuah bisnis dalam dunia kreatif. “pusatkan energi anda untuk mengenal orang” kata Jack Perez, pendiri perusahaan pemasaran, Summit Strategy Partners, “Cara yang paling efektif untuk jaringan adalah memikirkan bagaimana Anda dapat membantu orang yang duduk di hadapan Anda,” lanjut Perez. Pada intinya anda harus saling membantu dengan orang yang berada dalam network anda.

Kiat Sukses Membangun Bisnis Kreatif
banyak jaringan itu berlian

Komunikasi Efektif

Jadilah pendengar yang proaktif. "Banyak profesional kreatif tidak benar-benar mendengar jauh melampaui apa yang klien mereka katakan mereka butuhkan," Halper mencatat. Dengan mendengarkan, memahami, dan mengajukan pertanyaan Anda dapat menyempurnakan proyek agar lebih sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Kiat Sukses Membangun Bisnis Kreatif
Komunikasi Efektif

Beri garis pemisah antara urusan bisnis & pribadi

"Salah satu masalah terbesar yang saya temui dengan orang-orang kreatif adalah bahwa garis antara bisnis dan pribadi buram dalam segi finansial," kata Lisa Drake, CPA, profesor akuntansi di Foothill College di Los Altos Hills, California. Itu adalah contoh kecil pemisah yang di maksud, memisahkan keuangan antara keperluan bisnis dan pribadi.

Kiat Sukses Membangun Bisnis Kreatif
atur keuangan anda


Bernegosiasi dengan Baik

“Pahami nilai pasar Anda dan harga proyek Anda”, kata Julie Lenzer Kirk, seorang penulis dan konsultan yang mengajar kewirausahaan di University of Maryland.”Menegosiasikan harga Anda dari basis yang sudah mapan membuat landasan profesional yang kuat”. Anda harus berani menempatkan angka tinggi untuk proses hasil kerja anda.
Kiat Sukses Membangun Bisnis Kreatif
belajarlah bernegoisasi


Keterampilan bisnis ini dapat berarti perbedaan antara membuat kehidupan yang layak dan memiliki karier yang sukses. Bahkan jika Anda memulai dengan hanya satu atau dua dari tips ini, hasilnya akan sepadan dengan usaha anda, dan poin-poin di atas anda juga bisa aplikasikan pada  bidang bisnis lainya.