Jack Ma Membenci Bill Gates ?
Kebersamaan Jack Ma (pendiri Alibaba Group) dan Bill Gates (pendiri Microsoft)

Siapa Yang tak kenal Bill Gates, Toko paling berpengaruh di dunia hingga saat ini, dengan hasil temuanya yang sangat hebat yaitu system operasi bernamaMicrosoft. Dia adalah kiblat inspirasi bagi banyak calon pengusaha.

“kalau kau ingin sukses contoh lah Bill Gates”
“kalau kau ingin Berhasil ikuti langkah Bill Gates”

Semua Orang Pasti menjadikan Bill Gates sebagai tolak ukur  sebuah keberhasilan. Lain pemikiran dengan Jack Ma pendiri Alibaba Group, Ketika Jack Ma Baru saja memulai langkahnya, Gates  adalah sumber frustasi bagi dia.

Jack Ma Membenci Bill Gates ?
Jack Ma (pendiri Alibaba Group)

"Ketika saya masih muda, saya membenci Bill Gates karena saya pikir Microsoft mengambil semua peluang," kata Ma ketika dia berbicara pada pertemuan puncak inovasi di Tel Aviv, Israel.

"IBM, Oracle, mereka mengambil semua peluang," lanjut  kata ketua eksekutif Alibaba.

Ma bercerita ketika dia pertama kali memulai Alibaba pada tahun 1999, dia percaya bahwa harga yang dikenakan oleh perusahaan besar tersebut membuat sulit untuk memulai, seperti perusahaan e-commerce Tiongkok kecilnya sendiri, untuk mendapatkan akses ke teknologi.

Namun dia mulai menyadari bahwa bukan Gate atau nama-nama besar lain yang salah. Sebaliknya ,justru dia sendiri yang menghalangi peluangnya  dengan menggunakan alasan umum yang menahan banyak calon pengusaha.

"Kebanyakan orang terus mengeluh ,  Tapi jika kamu bisa menyelesaikan keluhan, jika kamu menyelesaikan masalah, maka itu adalah kesempatan." Kata Jack Ma

Bagi Ma, itu berarti datang dengan teknologi yang lebih sederhana dan lebih murah yang dapat digunakan oleh Alibaba dan jutaan usaha kecil yang diharapkannya untuk ditambahkan ke platform miliknya.

"Biaya menggunakan IT ini terlalu mahal bagi kami, jadi kami harus berinovasi, Kami harus merancang teknologi yang cukup sederhana. " kata Ma.

"Itu saja. Kami dipaksa," katanya

Memang, sebagian besar inovasi terjadi "bukan karena orang ingin, tetapi karena mereka dipaksa," Ma melanjutkan.

Jack Ma Membenci Bill Gates ?
Jack Ma (pendiri Alibaba Group)

Sejak muncul nya kesadaran itu, Ma telah membangun hubungan dekat dengan Gates. Namun sedikit bumbu persaingan yang sehat tetap ada di antara dua tokoh teknologi ternama ini.

Mengutip sedikit kata Jack Ma untuk membakar semangat para calon pengusaha yang memiliki tujuan yang sama atau bahkan mempunyai mimpi yang sama dengan Jack Ma.

"Saya tidak pernah bisa menjadi kaya, tetapi satu hal yang dapat saya lakukan lebih baik adalah pensiun lebih awal," kata Ma.