UNICEF, Harapan Anak-Anak Seluruh Dunia


UNICEF, Akronim dari United Nations Children’s Fund sebuah lembaga perlindungan anak Internasional yang di bentuk langsung oleh PBB( perserikatan Bangsa-bangsa) dengan misi untuk meningkatkan kesadaran  kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan anak-anak di dunia.

UNICEF selalu bergerak dari sejak awal didirikanya pada tahun 1946 ( Era Perang Dunia II ), Berbagai program telah di buat oleh UNICEF murni karena  panggilan hati anggotanya untuk membantu sesama kusus nya anak-anak. UNICEF selalu ambil bagian dalam setiap permasalah dunia baik itu bencana alam  atau peperangan yang melanda suatu Negara, tak lain tak bukan untuk melindungi dan membantu korban kusus nya pada anak-anak.

Salah satu Program yang terus di gencarkan hingga saat ini adalah program pendidikan, mengutip dari kata-kata Nelson Mandela , seorang revolusioner antiapartheid dan politisi Afrika Selatan juga menjabat sebagai presiden Afrika Selatan ( 1994-1999 )

"Pendidikan adalah senjata paling kuat yang bisa kita gunakan untuk mengubah dunia"

Program pendidikan UNICEF adalah untuk menekankan bahwa setiap anak berhak mendapatkan hak untuk belajar, Pendidikan adalah investasi besar untuk mengubah kehidupan dan membangun masa depan yang lebih baik.

UNICEF, Harapan Anak-Anak Seluruh Dunia


Hasil Riset langsung UNESCO menerangkan semakin tinggi angka kelulusan anak dalam dunia pendidikan maka semakin rendah angka kemiskinan dunia akan berkurang , Inilah kekuatan sesungguhnya dari pendidikan, dan inilah yang mendorong UNICEF untuk membawanya kepada  anak-anak yang paling berisiko meninggalkan pendidikan,mirisnya anak-anak tersebut jauh dari pendidikan yang berdampak mereka harus bekerja dan anak perempuan dipaksa untuk menikah mudah.

UNICEF menghasilkan $ 1 Milyar untuk program pendidikan dunia pada tahun 2016, dengan 700 ahli yang bekerja di 155 negara melalui upaya ini, UNICEF menyediakan materi pembelajaran dan dukungan lain kepada 15,7 Juta anak, Termasuk 11,7 Juta anak-anak yang terkena dampak perang,bencana alam,dan keadaan darurat kemanusiaan lainya.

Pendidikan dalam inisiatif darurat UNICEF menyediakan ruang yang aman dan materi pendidikan untuk membantu anak-anak pengungsi dan pengungsi yang telah dipaksa keluar dari sekolah untuk kembali belajar.

Di Somalia, di mana kelaparan muncul sebagai akibat dari kekeringan yang parah, menggusur keluarga dan membahayakan nyawa anak-anak, UNICEF menyediakan air bersih dan aman bagi sekolah-sekolah di samping bantuan darurat lainnya untuk membantu anak-anak tetap dalam posisi yang pantas ketika belajar.

UNICEF, Harapan Anak-Anak Seluruh Dunia

Di suriah, enam tahun konflik kekerasan, pergolakan sosial dan hilangnya pendapatan keluarga mendorong 1,75 juta anak putus sekolah. Banyak anak,yang melarikan diri bersama keluarga merasa sejak lahir, tidak pernah sekolah sama sekali. Sangat menantang bagi UNICEF untuk menjangkau anak-anak di daerah yang masih di kepung oleh orang-orang bersenjata. Beberapa anak membuat ruang kelas darurat dan guru sukarelawan. pada tahun 2016, UNICEF mendukung lebih dari 327.000  anak-anak yang belajar dalam pengaturan informasi ini.

Beberapa anak di Suriah telah dapat kembali ke sekolah lama mereka. Setelah perbaikan dilakukan dengan bantuan UNICEF, 23 sekolah dasar di Aleppo mampu membuka kembali pintu mereka ke 6.500 siswa awal tahun ini. Selain upaya rehabilitasi sekolah, UNICEF mampu menjangkau hampir 3 juta anak-anak sekolah dengan persediaan "kembali belajar" selama setahun terakhir.

Dan di Irak, di mana berbagai krisis kemanusiaan tumpang tindih telah menghancurkan sistem pendidikan negara, hampir 3,5 juta anak-anak tidak lagi belajar, atau belajar sangat sedikit. Pada paruh pertama tahun 2017, UNICEF mampu menjangkau lebih dari setengah juta anak, termasuk lebih dari 240.000 anak perempuan, dengan perlengkapan pendidikan membantu merehabilitasi lebih dari 200 sekolah di Mosul.

UNICEF, Harapan Anak-Anak Seluruh Dunia

Gerakan-gerakan dari UNICEF perlu di apresiasi, tujuan mulia tanpa pamrih demi masa depan anak-anak di seluruh dunia untuk mendapakan hak yang pantas mereka dapat.Bagi anda yang ingin berkontribusi dengan UNICEF anda bisa mengunjungi situs UNICEF berikut untuk melakukan donasi atau membaca berita terbaru tentang program kegiatan yang di lakukan oleh UNICEF.